MABES TNI AD SOSIALISASIKAN DOKTRIN TNI AD "KARTIKA EKA PAKSI"

Balikpapan, (25/06)." Optimalkan penyelenggaraan tugas pokok dan kinerja TNI AD secara umum guna mewujudkan amanat bangsa yang dipercayakan kepada TNI sesuai dengan UU No.34 Tahun 2004 ". Demikianlah nilai dan makna dari kegiatan sosialisasi Doktrin TNI AD yang disampaikan oleh  Irdam VI/Mlw Kolonel Inf Rochiman pada saat membuka kegiatan sosialisasi Doktrin TNI AD yang berlangsung di  Aula Makodam VI/Mlw Jl. Sudirman Balikpapan.

Kegiatan sosialisasi Doktrin TNI AD ini diikuti oleh Perwira Menengah (Pamen) Kodam VI/Mlw yang disampaikan oleh tim dari Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad) yang diketuai oleh Kolonel Inf Ranto Parulian Silaban serta dua orang anggotanya.

Dalam sambutannya Pangdam VI/Mlw mengungkapkan bahwa system pertahanan Negara Republik Indonesia menerapkan system pertahanan yang bersifat semesta (Sishanta) karena melibatkan seluruh warga Negara, wilayah dan Sumber Daya nasional lainnya serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah dan berlanjut untuk menegakkan kedaulatan Negara dan tetap terpeliharanya keutuhan wilayah serta terjaminnya keselamatan segenap warga bangsa dari segala ancaman.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan akan semakin memperluas cakrawala kognisi tentang nilai strategis keberadaan suatu Doktrin Militer dalam menjamin kesinambungan tugas dan operasi militer, meningkatkan efek afeksi nilai kecintaan kita yang semakin dalam terhadap institusi, semakin meningkatnya semangat pantang menyerah dalam menghadapi berbagai kesulitan yang menghadang dalam tugas. Kondisi ini menjadi semakin penting terutama bila dikaitkan dengan variasi potensi ancaman yang semakin unpredictable.

Diakhir sambutannya Pangdam VI/Mlw berharap kepada seluruh prajurit Kodam VI/Mlw agar memiliki motivasi yang kuat sehingga mampu mewujudkannya dalam bentuk kegiatan di lapangan secara nyata dan selaras sesuai dengan doktrin TNI AD. 

(Penerangan Kodam VI/Mlw)