Profil Batalyon di Jajaran Kodam VI/Mulawarman

Daftar Batalyon yang berada di bawah kendali Kodam VI/Mulawarman

Batalyon Infanteri 600/Raider

Kodam VI/Mulawarman memiliki satu Batalyon pemukul yang berkedudukan di Manggar Balikpapan Kalimantan Timur. Yaitu Batalyon Infanteri 600/Raider, satuan ini merupakan bagian dari salah satu Batalyon yang diandalkan oleh Kodam VI/Tanjungpura dalam perannya sebagai alat pertahanan dan keamanan di wilayah Kalimantan khususnya dan Nusantara pada umumnya. Secara taktis operasional dan adminitrasi, Yonif 600/Raider langsung berada dibawah kendali Panglima Kodam VI/Tanjungpura.

Cikal bakal Yonif 600/Raider berawal dari pecahan Yonif 609 Semanggi/Klaper yang saat itu baru saja selesai melaksanakan tugas operasi penumpasan DI/TII di Indramayu Jawa Barat yang di lebur dengan Resimen Induk 22/Tanjungpura dan secara resmi menjadi Yonif 612/Modang pada tanggal 1 September 1959.

Read more: Batalyon Infanteri 600/Raider

Batalyon Infanteri 611/Awang Long

A. Riwayat Pembentukan

1. Yonif 601 Brigade C sebagai cikal bakal berdirinya Yonif 611/Awl yang berkedudukan di Samarinda dan berjuang untuk menghimpun Kompi-kompi perjuangan pembentukan Model AD- 56 Kompi-kompi bekas KNIL.

2. Tanggal 25 Agustus 1950 dirubah menjadi Yonif 601 Brigade F berkedudukan di Balikpapan.

3. Dengan semakin mantapnya organisasi TNI AD maka pada tanggal 26 Juli 1952 direformasikan menjadi Yon ROI I RI-22.

4. Dengan terbentuknya Kodam IX/Mulawarman pada tanggal 1 Juni 1958 Yonif 601 dibawah Komando Kodam IX/Mulawarman.

5. Berdasarkan Skep Kasad : Kep-18/2/2/1967 tanggal 1 Maret 1967 nama satuan berubah menjadi Yonif 611 Kodam IX/Mulawarman.

6. Tanggal 24 Oktober 1970 Tunggul Yonif 611/Awl disyahkan dengan nama : “AWANG LONG“ sesuai Skep-59/10/1970. Sejak saat itu lengkaplah sudah sejarah terbentuknya Yonif 611/Awl

 

Read more: Batalyon Infanteri 611/Awang Long

Detasemen Arhanud Rudal-002

Satuan Detasemen Artileri Pertahanan Udara Peluru Kendali-002 Daerah Militer VI/Tanjungpura yang disingkat Denarhanud Rudal-002 Daerah Militer VI/Tanjungpura merupakan satuan Artileri Pertahanan Udara semi mobile yang bernaung dibawah Kodam VI/Tanjungpura yang dipersenjatai dengan unit peluru kendali Rapier, radar peringatan setempat yang sekaligus berfungsi sebagai radar pengendali tempur serta unsur pemeliharaan lapangan.

Tugas pokok Denarhanud Rudal-002 Daerah Militer VI/Tanjungpura adalah melaksanakan pertahanan udara aktif untuk menghancurkan, meniadakan dan membatasi daya serta hasil guna serangan udara musuh yang menggunakan ruang udara pada aras rendah.

Read more: Detasemen Arhanud Rudal-002

Detasemen Kaveleri 1/Macan Tutul

I. Makna lambang Satuan :

a. Kuning dan merah adalah merupakan warna identitas korps Kavaleri TNI AD.

1. Warna kuning melambangkan kebesaran dan keagungan.

2. Warna merah melambangkan keberanian yang berlandaskan pada kebenaran.

b. Macan Tutul.

1. Macan Tutul merupakan binatang yang banyak terdapat di wilayah hutan kalimantan Timur termasuk di wilayah Kutai Kartanegara. Macan Tutul merupakan binatang yang memiliki karakteristik yang identik dengan Ranpur Kavaleri yaitu Macan tutul merupakan binatang yang mempunyai kecepatan dalam melumpuhkan mangsanya. Sifat ini identik dengan kemampuan Ranpur Kavaleri yang mampu bermanuver dengan cepat sebagai keunggulan daya gerak satuan Kavaleri dalam menghancurkan musuh.

Read more: Detasemen Kaveleri 1/Macan Tutul

Detasemen Zeni Tempur 7 Dam VI/Mulawarman

1. Pendahuluan

Dalam kurun waktu tahun 1967 sampai dengan sekarang Denzipur 7 Dam VI/ Mlw telah tumbuh dan berkembang dengan situasi dan kondisi di wilayah Kalimantan khususnya di Kalimantan Timur. Walaupun telah terjadi beberapa kali perubahan status organisasi Denzipur 7 Dam VI/Mlw dari mulai terbentuknya sampai saat ini, Denzipur 7 dam VI/Mlw tetap dapat melaksanakan tugas pokoknya baik dalam Operasi Militer Perang (OMP) maupun dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Dalam perannya sebagai satbanpur, Denzipur 7 Dam VI/Mlw ikut andil dalam tugas pokok/tugas operasi yang dilaksanakan oleh Kodam VI/Mlw. Diharapkan dari pengalaman tugas di masa lalu dapat menjadi pelajaran guna dapat melaksanakan tugas yang lebih baik di masa datang, dengan berpedoman pada motto ”Yudha Karya Satya Bhakti”.

Read more: Detasemen Zeni Tempur 7 Dam VI/Mulawarman