BAPAK TAMBRANI SENANG RUMAHNYA DI REHAB TNI

BAPAK TAMBRANI SENANG RUMAHNYA DI REHAB TNI
BAPAK TAMBRANI SENANG RUMAHNYA DI REHAB TNI

Martapura (26/09) Kecerian bercampur haru inilah yang dirasakan seorang prajurit pejuang dahulu sudah  Lebih kurang 30 tahun lamanya, kini Tambrani Said hidup di rumah yang kondisinya memprihatinkan.  Dari rembesan hujan dan dinginnya angin malam, pun sudah biasa ia bersama keluarganya lewati di tengah kondisi atap berlubang dan dinding rumah yang berangsur lapuk tersebut.

Namun bukannya mengeluh dengan kondisi tersebut. Melainkan pria berusia 92 tahun tersebut malah melaluinya dengan tegar dan sabar. Wajar saja, hal itu dikarenakan Tambrani sejak semasa muda dulu sudah terdidik dengan mental pantang menyerah dan mengeluh.

Pernah berjuang bersama prajurit di bawah komando Brigjend Hasan Basri pada zamannya. Tambrani merupakan salah satu pejuang Veteran yang masih tersisa dimiliki masyarakat Banua. Sayangnya, kehidupan Tambrani selama ini masih jauh dengan kata sejahtera. Dinding rumahnya lapuk. Atapnya juga dihiasi dengan lubang-lubang.  Sehingga tak heran, saat merebahkan diri pun Tambrani bersama tiga cucunya sudah bisa melihat taburan bintang di atas langit rumahnya.

“Dulunya saya pernah perjuangan rakyat yang pernah bertugas di pulau Jawa. Setelah dipulangkan ke Banua, dan bergabung bersama prajurit di bawah Komando Brigjen Hasan Basri,” kenang warga Biih tersebut.

Tambrani sebetulnya sudah dua kali dijanjikan mendapatkan bedah rumah dari pemerintah. Namun sampai saat ini, rencana tersebut hanyalah sebatas wacana. Namun meskipun tak ada kabar, ia pun mengaku tidak berkecil hati. Ia tegar dan sabar melewati, yakin rezeki Tuhan pasti datang pada waktunya.

“Sehari-hari pekerjaan saya bertani kecil-kecilan. Terpenting cukup makan bersama istri dan keluarga. Anak saya delapan, enam sudah berkeluarga dan dua masih bujangan,” jelasnya.

Namun kali ini,Tambrani tidak mampu membendung rasa harunya. Pria berusia 92 tahun tersebut mengaku sangat gembira setelah anggota TNI datang merehab dan memperbaiki rumahnya.

“Saya sangat senang dan berterimakasih sekali dengan Komandan Kodim 1006/Martapura, Bapak Letkol Armed Andi Martopo yang sudah mau memperbaiki rumah saya. Karena selama 30 tahun, rumah saya tidak pernah diperbaiki,” ungkapnya.

Sementara itu Dandim 1006/Martapura, Letkol Arm Andi Martopo mengatakan sudah sewajarnya sosok seorang pejuang yang mengorbankan jiwa dan raganya demi negara Indonesia mendapatkan perhatian seperti ini.

Dandim 1006/Martapura berharap bantuan rehabilitasi rumah tersebut dapat membantu meringankan beban Legiun Veteran, seperti Bapak Tambrani Said.

“Kegiatan rehab rumah tersebut  juga merupakan perintah langsung Pangdam VI Mulawarman, Mayjend TNI Sonhadji, S.I.P., M.M., dalam dalam rangka HUT ke 72 TNI. Selain di wilayah Kodim 1006/Martapura  juga ditingkat korem dan Kodim lainnya,” Ungkap Dandim

(Kodim 1006/Mtp)

Tentang Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman 838 Articles
Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*