BUPATI BANJAR MELAKSANAKAN PANEN PADI PERDANA BERSAMA DANDIM 1006/MARTAPURA

BUPATI BANJAR MELAKSANAKAN PANEN PADI PERDANA BERSAMA DANDIM 1006/MARTAPURA
BUPATI BANJAR MELAKSANAKAN PANEN PADI PERDANA BERSAMA DANDIM 1006/MARTAPURA

Martapura (13/07) Bupati Banjar H. Kholil Rurrahman bersama Dandim 1006/Mtp Letkol Arm Andi Martopo, SE, Wakil Bupati Banjar H. Saidi Mansyur, Ketua DPRD Banjar H.Rusli, mengikuti kegiatan Panen Padi Perdana di lahan seluas 30 Ha.  Kelompok Tani Sinar Harapan Dua Desa Pasar Jati Kecamatan Astambul Martapura Kab.Banjar, Selasa 11 Juli 2017.

Kegiatan tersebut berlangsung  meriah dan penuh keakraban yang di perakarsai oleh Dinas TPH Kab.Banjar Kalsel. Acara diawali dengan pemotongan padi secara serentak dilanjutkan dengan penanaman pohon bibit jeruk serta penanaman padi Varitas Unggulan Sistem Jajar Legowo.

Bupati Banjar H.Kholil Rurrahman dalam sambutannya mengatakan bahwa panen perdana di atas lahan 30 Ha tersebut milik kelompok Tani Sinar Harapan, hasil panen tersebut bisa mencapai 4,5 ton dalam satu hektarnya, ini adalah capaian yang baik mengingat padi ini merupakan padi unggulan.

Apalagi ditambahkanya panen dalam satu tahun bisa dua kali ini merupakan prestasi petani yang sangat kami harapkan itu artinya kebutuhan beras di Kabupaten Banjar mengalami peningkatan dari kebutuhan 28 hari menjadi 42 hari untuk masyarakat. Hal ini selain bisa mensejahterakan warga desa juga andalan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Swasembada Pangan.

Kholirul Haman berharap para petani bisa mengerjakan sawahnya dengan baik setelah ini, pihaknya berjanji akan selalu berupaya memberikan bantuan untuk peningkatan produksi padi karena menyangkut dengan ketahanan pangan di daerah.

Dijelaskannya,  tugas Pemerintah adalah bekerja keras untuk bisa menyejahterakan masyarakat bagaimanapun, patut disyukuri dan dijaga bersama sama.

Selain itu jangan adalagi alih fungsi lahan, apalagi kita sudah ada peraturan daerah untuk  mengatur  jadi  ini harus kita jaga agar tidak adanya salah fungsikan lagi terhadap lahan pertanian khususnya di kecamatan Astambul.

Dan ucapan terimakasih penghargaan kepada para PLL, Manteri Tani dan Babinsa terutama Kodim 1006/Martapura yang selalu berkerja keras mendukung mendampingi petani dalam menjalankan program Pemerintahan Swasembada Pangan Nasional. UcapBupati.

Hal ini juga disampaikan oleh Dandim 1006/Mtp Letkol Arm Andi Martopo, SE., mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah khususnya Dinas Pertanian dan kelompok Tani Sinar Harapan  yang dengan semangat,  motivasi tinggi mengelolah sawah dengan baik dan hasilnya juga cukup baik, karena di wilayah memiliki potensial yang besar untuk meningkatkan program ketahanan pangan.   Dan ini tidak dapat dilakukan dengan malas-malasan dan untuk itu harus jangan menyerah ternadap tantangan yang ada tapi harus memanfaatkan potensi yang ada.

”Pemerintah memperhatikan sekali terhadap para petani dengan  membantu berbagai alat-alat pertanian yang modern.

Babinsa selalu mendampingi para petani lebih mengembangkan potensial di desa peningkatan pemberdayaan pangan dan terimakasih kerjasamanya selama ini untuk kemajuan Kab.Banjar jelas Dandim.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan alat mesin pertanian 2 unit Hand Traktor kepada dua kelompok Tani Sinar Harapan dan Upsa.

Penyerahan 14 alat  Cultivator, 18  Mesin Pompa Air Pengembangan Tanaman Lombok Merah yang masing- masing di terima Pok Tani ingin Sejahtera Danau Salak, Pok Tani Karya Baru Kalampeyan Tengah dan Pok Tani Rukun Tani Desa Sungai Jati Mataraman, Gapok Tani Kayuh Baimbai Desa Simpang Empat Kec. Simpang Empat.

Turut hadir dalam acara tersebut Kabid TPH Provinsi Kalsel Ir. Kusmaryono, Kadis  TPH Kab.Banjar Ir. Fachri. Sp. Kadis Bapelluh Kab.Banjar Edi Hasby, Camat Astambul, Danramil 1006-04/ Astambul Kapten Inf Firman, Kapolsek Astambul, Ketua PKK KabBanjarHjRaudatulWardiyah, Ketua GOW KabBanjarNur Gita TiyasSpd, Tuan Guru Tadjuddin, Tokoh Agama dan Masyarakat dan Kontak tani serta Masyarakat.

 

(Kodim 1006/Mtp)

Tentang Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman 837 Articles
Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*