DANDIM 0901/SAMARINDA JADI IRUP DI SMAN 1 SAMARINDA

DANDIM 0901/SAMARINDA JADI IRUP DI SMAN 1 SAMARINDA
DANDIM 0901/SAMARINDA JADI IRUP DI SMAN 1 SAMARINDA

Samarinda (29/08) Untuk menumbuh kembangkan rasa cinta tanah air kepada generasi muda, Komandan Kodim 0901/Samarinda Letkol Kav Muhammad Arifin SH dan seluruh Danramil di jajaran Kodim 0901/Samarinda secara serentak bertindak sebagai Inspektur Upacara Bendera di 5 (lima) sekolah SMA di wilayah kota Samarinda, Senin 28 Agustus 2017.

Kelima sekolah tersebut adalah SMAN 1 Samarinda, SMAN 3 Samarinda, SMAN 10 Samarinda, SMAN 2 Samarinda  dan SMA Katolik  SUNODIA. Kegiatan tersebut merupakan program Kodim 0901/Samarinda terhadap generasi muda sebagai tulang punggung bangsa untuk menjaga NKRI.

Dalam amanatnya, Dandim menyampaikan salah satu  rasa cinta terhadap tanah air Indonesia adalah melalui upacara bendera yang dalam pelaksanaannya, memberi penghormatan terhadap bendera merah putih dan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selain itu, juga meminta kepada  pelajar harus senantiasa mempelajari dan mempedomani sejarah perjuangan bangsa oleh para pahlawan pejuang kemerdekaan. Sampai saat ini perjuangan bangsa belum berhenti, para pelajar tetap harus berjuang demi bangsa dan negara.

“Perang saat ini bukanlah perang fisik yang menggunakan senjata api, namun sesuai perkembangan teknologi yaitu Perang Proxy (Proxy War) yang merupakan ancaman baru Bangsa Indonesia,” Ujarnya.

Dandim menambahkan “Proxy War merupakan wujud perang menggunakan pemain pengganti secara langsung dengan alasan mengurangi konflik yang beresiko pada kehancuran. Contoh Proxy War yang dilakukan bangsa lain terhadap Bangsa Indonesia diantaranya gerakan separatis, demonstrasi massa yang tidak sesuai undang-undang, sistem regulasi yang merugikan serta peredaran Narkoba dan bentrok antar kelompok/ tawuran pelajar”.

Dandim berpesan agar pelajar berpartisipasi dalam menjamin tetap tegaknya keutuhan dan kedaulatan NKRI karena pelajar merupakan generasi muda  tulang punggung bangsa, hal ini dapat diperlihatkan dalam bentuk prestasi dan tidak melanggar hukum dan Undang-Undang.

Selesai kegiatan upacara dilanjutkan penyerahan hadiah dan pemberian uang pembinaan lomba Paduan Suara dan Baca Puisi yang dilaksanakan di Kodim 0901/Samarinda dalam rangka Komunikasi Sosial (KOMSOS) Kreatif.

(Kodim 0901/Smd)

Tentang Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman 739 Articles
Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*