DEMO MEMBUAT SAMBAL MULAWARMAN

DEMO MEMBUAT SAMBAL MULAWARMAN
DEMO MEMBUAT SAMBAL MULAWARMAN

Balikpapan, (30/08) Bertempat di Aula Makodim 0905/Balikpapan Selasa, 29 Agustus 2017 berlangsung suatu pemandangan yang masih terbilang jarang terjadi dimana berlangsung acara demo membuat sambal yang dilakukan oleh Ibu-ibu Pengurus Persit Daerah VI/Mulawarman bersama dengan Ibu-ibu Persit Cabang Kodim 0905/ Balikpapan.

Demo membuat sambal yang bertajuk Ngulek bersama Persit Kartika Chandra Kirana PD VI/Mulawarman ini berlangsung seru dan menarik terlebih oleh keikutsertaan Ketua Persit Daerah VI/Mulawarman Ny. Ossy Sonhadji bersama wakil ketua Ny. Muhammad Nur Rahmad yang sengaja ikut  untuk meramaikan dan  menghidupkan suasana.

Sambal Mulawarman ini pertama kali dibuat oleh salah satu ibu pengurus Persit Cabang XII/Kodim 0905 Balikpapan Ny. Pelda Suwandi yang tinggal di asrama Sudirman Balikpapan. Bahkan sampai saat ini Sambal Mulawarman bukan hanya mulai dikenal di Balikpapan saja, akan tetapi sudah mulai dikenal  juga di Ibukota Jakarta.

Ny. Suwandi adalah salah satu pengurus Persit Cabang Kodim 0905/Balikpapan yang pernah diundang oleh salah satu instansi ibukota Jakarta menjelaskan bahwa, Sambal Mulawarman terbagi dalam 3 macam sambal yakni : Sambal Terasi, Sambal Mangga Muda dan sambal Bakar.

Dijelaskan oleh Ny. Suwandi bahwa dalam membuat sambal Mulawarman itu  bahannya sangat mudah dijumpai diwarung maupun dipasar Balikpapan. Sambal Terasi bahannya terdiri dari : Bawang Merah, Lombok Besar Merah, Lombok Keriting, Lombok Kecil, Tomat, Gula Merah, Gula Pasir dan Terasi itu sendiri.

Kemudian Sambal Mangga Muda, bahannya terdiri dari : Lombok Kecil, Tomat Merah, Gula, Terasi dan Garam. Sementara untuk sambal bakar, bahanya sama dengan sambal terasi hanya saja bahannya harus dibakar.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan lomba membuat Nasi Goreng dan Mie Godok, Mie Goreng, Mie kuwah yang dilakukan oleh Ibu-ibu pengurus Persit Daerah VI/Mulawarman secara berpasangan.

(Persit KCK)

Tentang Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman 837 Articles
Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*