KODAM VI/MLW GELAR PELATIHAN LOMBA PERMAINAN BELA NEGARA

KODAM VI/MLW GELAR PELATIHAN LOMBA PERMAINAN BELA NEGARA
KODAM VI/MLW GELAR PELATIHAN LOMBA PERMAINAN BELA NEGARA

Balikpapan, (04/08) Kodam VI/Mlw menggelar Pelatihan Lomba Permainan Bela Negara yang berlangsung di Aula Makodam VI/Mlw Balikpapan Jumat, 4 Agustus 2017.

Pelatihan tersebut berlangsung sehari diikuti oleh sekitar 30 peserta terdiri dari Pasiter Kodim dan Kasiter Korem jajaran Kodam VI/Mlw yang dibuka oleh Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

 Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Sonhadji, S.I.P., M.M., dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Muhammad Nur Rahmad menjelaskan bahwa, kegiatan pelatihan terpusat ini bertujuan untuk menyegarkan dan membangun kembali rasa cinta kepada bangsa dan Negara serta menyakinkan kebenaran falsafah Pancasila, UUD 1945 sebagai satu-satunya pedoman penyelenggaraan Negara.

“NKRI satu-satunya bentuk Negara yang tepat untuk Negara kepulauan dan pilihan hidup bersama serta menghargai Kebhinekaan dan kemajemukan “, tegas Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Sonhadji.

Pangdam VI/Mlw mengemukakan, penanaman kesadaran hak setiap warga Negara dalam upaya Bela Negara diperlukan pembinaan dan pelatihan, baik melalui jalur lingkungan pendidikan maupun pekerjaan.

Peran TNI AD sebagai bagian dari komponen bangsa merasa terpanggil dan peduli untuk membantu mengatasi permasalahan Bela Negara melalui upaya pengembalian semangat nasionalisme, patriotisme, cinta tanah air, peningkatan moral dan etika dikalangan seluruh komponen masyarakat.

Karena pada saat ini, nilai-nilai wawasan kebangsaan seperti rasa nasionalisme, patriotisme, rasa persatuan dan kesatuan, gotong royong, tenggang rasa serta mengedepankan Pancasila dalam setiap mengatasi berbagai tantangan dan permasalahan sudah mulai luntur.   Hal ini sebagai salah satu dampak buruk dari perkembangan Era Globalisasi dan reformasi yang menyebabkan memudarnya semangat nasionalisme dan kecintaan pada tanah air oleh sebagian masyarakat.

Usai membuka kegiatan ini, Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengajak para peserta pelatihan punya tekat untuk berpikir positif serta memiliki kesadaran yang tinggi untuk selalu berbuat yang terbaik disatuan dan lingkungannya dengan didasari kitab suci agamanya masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut juga Kasdam VI/Mlw membagikan Buku dengan judul “ Cara Berpikir Suprarasional menyelesaikan masalah dan mendapatkan Rezeki dari jalan yang tak terduga “, karya Raden Ridwan Saputra Pendiri Klinik Pendidikan Mipa.

 

(Kodam VI/Mlw)

Tentang Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman 739 Articles
Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*