KOREM 091/ASN BERSINERGI UPAYA PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN

KOREM 091/ASN BERSINERGI UPAYA PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN
KOREM 091/ASN BERSINERGI UPAYA PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN

Samarinda. (12/09) Acara Rapat Koordinasi Pencegahan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kalimantan Timur serta rapat koordinasi penyusunan rencana Distribusi Peralatan PB Tahun 2017 yang di selenggarakan oleh Pemprov. Kaltim di ruang tepian 1 lantai 2 Kantor Gubernur Kaltim Jl. Gajah Mada Kel. Bugis Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda Prov. Kaltim, Senin  11 September 2017.

Adapun undangan yang hadir Danrem 091/Asn Brigjen TNI Irham Waroihan S. Sos, Kasrem 091/Asn Kolonel Inf Frengki E Riupasa S. Sos, Kasi Ops Rem 091/Asn Kolonel Inf Eben L. Tobing, Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Kaltim Drs. Hj. Meliana S.E, Kepala stasiun Meteorologi Temindung (BMKG) Sutrisno, Ah MG,  Polda Kaltim Kombes Pol Yohanes, Polda Kaltim AKBP Ahmad Suyadi, Para Dandim Jajaran Korem 091/Asn dan Kepala Pelaksana BPBD Se Kaltim.

Paparan Danrem 091/ASN yang disampaikan Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Frengki E Riupasa S. Sos menyampaikan bahwa pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2017 adalah menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo pada Rapat Kerja Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2017 di Istana Negara tanggal 23 Januari 2017, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK) bersinergi dengan berbagai pihak melaksanakan upaya-upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) agar tidak munculnya titik api dan menekan tingkat bahaya karhutla utamanya di provinsi Kalimantan Timur. Upaya pencegahan karhutla yang telah dilaksanakan yaitu berupa peningkatan status kedaruratan, patroli terpadu, operasi udara yang meliputi patroli udara, water bombing, pembuatan hujan buatan/ Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), dan operasi darat yang meliputi patroli mandiri dan pemadaman dini.

Danrem juga memberikan intruksi kepada para Dandim jajaran Korem 091/ASN agar membuat Posko dan membentuk Satgas penggulangan bencana alam Karhutla dengan memberdayakan seluruh potensi serta melibatkan semua instansi terkait yang ada di wilayah masing-masing.

“Laksanakan pemadaman api di tempat terjadinya Karhutla dan pengungsian terhadap masyarakat yang terkena dampak bencana alaml Karhutla terima  dan  salurkan bantuan kemanusiaan kepda masyarakat serta laksanakan kegiatan  rehabilitasi, rekonstruksi pada tahap pasca bencana”, katanya.

(Korem 091/ASN)

Tentang Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman 663 Articles
Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*