PENUTUPAN TMMD KE- 99 PELAIHARI DIHADIRI OLEH DANDIM 1006/MTP

PENUTUPAN TMMD KE- 99 PELAIHARI DIHADIRI OLEH DANDIM 1006/MTP
PENUTUPAN TMMD KE- 99 PELAIHARI DIHADIRI OLEH DANDIM 1006/MTP

Pelaihari, (09/08) Panglima Kodam VI/Mulawarman Mayjen TNI Sonhadji, S.I.P., M.M., selaku Inspektur Upacara menutup secara resmi  pelaksanaan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 Kodim 1009/Plh yang berlangsung di Lapangan SDN 1 Desa Sambangan Kec. Bati-Bati Kab. Tanah Laut. Rabu  2 Agustus 2017.

Turut hadir dalam acara tersebut Kabinda Kalsel Brigjen TNI Daru Cahyono, Danrem 101/Ant Kolonel Arm M. Syafei Kasno para Asisten Kasdam VI/Mulawarman, Dandim 1006/Mtp Letkol Arm Andi Martopo SE, Danrindam VI/Mulawarman Kolonel Inf Iwan Maruf Zaenuddin, Sekda Kab Pelaihari Syahrian Nurdin, Danlanal Bsn Banjarmasin Kolonel P. Oky. IZ, para Komandan Satuan Wilayah Kodim/Polres dan Kabalak Jajaran Korem 101/Ant, Forkopimda,Tokoh Agama dan Masyarakat serta seluruh Peserta Upacara.

Komandan Kodim 1009/ Plh Letkol Inf Josep DD. Subekti, selaku Dansatgas saat membacakan hasil pelaksanaan TMMD Ke-99 mengatakan, bahwa TMMD reguler ke-99 Kodim 1009/Pelaihari memenuhi target 100 % terlaksana baik Fisik maupun Non Fisik di mana pembangunan akses jalan dan Pelebaran 2600 Meter, pemasangan Siring dan Teras Dak, Perbaikan Masjid, Serta Rehab Rumah, Sedangkan Non Fisik Pengobatan gratis,KB kes, Penyuluhan Bahaya Narkoba, pembuatan Pupuk, serta Sunatan Massal.

Letkol Inf Josep saat membacakan hasil mengatakan, keseluruhan progres pengerjaan TMMD sudah mencapai 100 % baik dari infrastruktur jalan maupun kebutuhan lainnya yang akan menunjang kesejahteraan masyarakat ke depannya.  Semua sudah selesai dikerjakan, tentunya mempunyai tujuan meningkatkan kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat di desa terhadap pembangunan.

Ditambahkan Dandim 1009/Pelaihari bahwa pengerjaan proyek TMMD reguler ke-99 Kodim 1009/Pelaihari yang berakhir pada 2 Agustus 2017 ini melibatkan sekitar 150 Prajurit TNI,  dalam pelaksanaannya dibantu oleh masyarakat serta seluruh komponen anak bangsa di wilayah.

Saat itu juga di lakukan Penandatangan Serah Terima Pelaksanaan TMMD Ke-99 Tahun 2017 antara TNI dan Pemerintah Daerah serta Pelepasan Pita Tanda Berakhirnya Tentara Manunggal Masuk Desa.

Dalam amanat tertulis Kasad Jenderal TNI Mulyono yang di bacakan oleh Pangdam VI/ Mulawarman Mayjen TNI Sonhadji, S.I.P., M.M., bahwa Program TMMD yang telah berlangsung selama ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Program TMMD masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, daerah tertinggal, terpencil dan terisolir, sehingga keberadaan TNI untuk membangun sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah itu sangat membantu sekali.

Seirama dengan tekad pemerintah untuk memacu kreativitas dan prakarsa masyarakat dalam pembangunan, maka pola pendekatan TMMD tersebut, sungguh sangat sejalan dan sekaligus selaras dengan upaya pemerintah mengembangkan pembangunan yang sangat signifikan dirasakan dampaknya oleh masyarakat.

Dalam hubungan dengan rakyat, TNI yang lahir dari rahim rakyat memiliki hubungan emosional yang sangat tinggi, kemudian lebih dari itu adalah bagaimana masyarakat desa bisa mendefinisikan keperluan dan kepentingannya sendiri, sehingga proses pembangunan benar-benar dari oleh dan untuk masyarakat yang kesemuanya itu akan memberi dampak positif bagi pembangunan pertahanan negara yang tangguh.

Dalam proses TMMD ini adalah untuk mendukung terwujudnya pertahanan negara di daerah yang tangguh. TNI melaksanakan kegiatan TMMD sebagai salah satu bentuk pengabdian yang luhur, di samping sebagai upaya TNI melestarikan nilai sejarah, terutama nilai Kemanunggalan TNI – Rakyat.

Tujuan kegiatan TMMD adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan dan memantapkan kesadaran bermasyarakat dalam berbangsa, bernegara, bela negara dan disiplin nasional juga sebagai suatu bentuk ikatan lahir dan batin antara TNI dengan Rakyat.

Usai menutup TMMD Ke-99 Tahun 2017 Kodim 1009/Plh, Pangdam VI/Mulawarman memberikan paket Sembako kepada masyarakat di lanjutkan peninjauan lokasi TMMD.

(Kodim 1009/Plh)

Tentang Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman 739 Articles
Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*