PENYERAHAN KEMBALI SENJATA API RAKITAN SECARA SUKARELA KEPADA SATGASPAMTAS YONIF611/AWL

PENYERAHAN KEMBALI SENJATA API RAKITAN SECARA SUKARELA KEPADA SATGASPAMTAS YONIF611/AWL
PENYERAHAN KEMBALI SENJATA API RAKITAN SECARA SUKARELA KEPADA SATGASPAMTAS YONIF611/AWL

Nunukan, (15/05) Pada hari Sabtu tanggal 13 Mei 2017 pukul 14.30 Wita Danpos Siemanggaris Baru SSK II a.n. Lettu Inf Agus Ernanto disaksikan Praka Nuri telah menerima penyerahan 1 pucuk senjata api rakitan jenis Penabur secara sukarela dari masyarakat di Pos Siemanggaris adapun indentitas warga a.n. Malla (Agus), umur 40 tahun, agama Islam, pekerjaan petani, suku bugis,  alamat Desa Sei Kaduyantaka Kec. Simanggaris Kab. Nunukan.

Pada Kamis 11 Mei 2017 pukul 07.00 Wita Danpos memerintahkan Praka Nuri bersama 3 orang anggota melaksanakan anjangsana untuk berkoordinasi dengan bapak Syukur  RT. 09   Desa Sei Kaduantaka Kec. Simanggaris, mengumpulkan warganya untuk melaksanakan karyabhakti   pembuatan batako dalam rangka pembuatan Mck Masjid Nurhikmah.

Pada pukul 11.30 Wita Praka Nuri bersama 3 orang anggota kembali keposdan melaporkan kepada Danpos hasil koordinasi dengan Pak Syukur RT. 09 bahwa kegiatan karya bhakti pembuatan batako dalam rangka pembuatan MCK bias dilaksanakan besok hari Jumat tanggal 12 Mei 2017 pukul 08.00 Wita di Masjid Nurhikmah.

Pada hari Jumat tanggal 12 Mei 2017 Pukul 08.00 Wita 6 orang anggota Pos Siemanggaris Baru Dpp Danpos berangkat untuk melaksanakan karya bhakti pembuatan batako di Masjid Nurhikmah, di sela-sela pembuatan batako Danpos mulai memberikan arahan dan wawasan kepada warga apabila ada yang mempunyai kepemilikan senjata api rakitan agar menghubungi Danpos Simanggaris.

Pada pukul 11.00 Wita karya bhakti selesai kemudian satu persatu warga mulai kembali pulang, 6 orang anggota Pos Simanggaris Baru Dipimpin Danpos setelah berpamitan kembali kepos, setelah tiba di posada salah satu warga ingin bertemu dengan Danposatasnama Pak Mala, setelah bertemu Danpos, Pak Mala menyampaikan bahwa ada 1 pucuk senjata api rakitan di rumah mau diserahkan ke Danpos, kemudian Danpos memberikan pemahaman dan pengertian kepada bapak  Mala bahwa memiliki senjata api melanggar undang-undang namun apabila mau  bekerjasama dengan pos dan memberikan senjata api rakitan secara sukarela maka Bapak Mala tidakakan terlibat masalah hukum.

Mendengar hal tersebut Bapak Mala meminta Dan pos benar-benar menjamin hal tersebut, setelah Danpos mengatakan “Setuju”, Bapak Mala berjanji besok hari Sabtu akan menyerahkan 1 pucuk senjata api rakitan jenis Penabur.

Pada hari Sabtu tanggal 13 Mei 2017 pukul 14.30 Wita Bapak Mala tiba di Pos Siemanggaris Baru membawa 1 Pucuk Senjata api rakitan jenis Penabur dan menyerahkan senjata tersebut kepada Danpos dan Praka Nuri selanjutnya Bapak Mala meminta Danpos dan Praka Nuri untuk benar-benar tidak melibatkannya kemasalah hokum karena kepemilikan senjata tersebut, kemudian Danpos kembali meyakinkan Bapak Mala mengenai penyerahan senjata api secara sukarela, Bapak Mala dapat menerima dan memahami dengan baik penyampaian Danpos sehingga dengan kesadaran sendiri dan tidak ada paksaan Bapak Mala secara sukarela menyerahkan senjata tersebut kepada Danpos disaksikan Praka Nuri kemudian Danpos mengucapkan banyak terimakasih kepada pak Mala atas kerjasamanya dengan sukarela menyerahkan 1 pucuk senjata api rakitan jenis Penabur ke Pos Simanggaris.

Pada pukul 14.45 Wita Danpos melaporkan hasil kegiatannya Kepada DAN SSK II (Lettu Inf Niko Katani) dilanjutkan lapor kepada Dansatgas (Letkol Inf Sigid Hengki Purwanto, S.Sos) dan saat ini 1 pucuk senjata api rakitan jenis Penabur sudah diamankan di gudang senjata Pos Simanggaris Baru.

 (Yonif 611/Awl)

Tentang Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman 663 Articles
Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*