PERINGATAN HUT TNI KE 72 : DI HADIRI DANDIM 1006/MTP

PERINGATAN HUT TNI KE 72 : DI HADIRI DANDIM 1006/MTP
PERINGATAN HUT TNI KE 72 : DI HADIRI DANDIM 1006/MTP

Banjarbaru (06/10) HUT yang Ke-72 Tentara Nasional Indonesia Banjarmasin dipusatkan di Lapangan kejujuran Rindam VI/Mlw jalan A. Yani Km 19.300 Landasan Ulin Banjarbaru. Kamis, 5 Oktober 2017.

Dengan tema ” Bersama Rakyat TNI Kuat Hebat dan Profesional ”

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rahmat Mulyana, Kabinda Kalsel Brigjen TNI Daru Cahyono, Kasrem Letkol Inf Priyanto Eko Widodo, Bupati Banjar H. Kholilrurrahman, Wakil Walikota Banjarbaru Dharmawan Jaya Setiawan, Ketua DPRD Banjarbaru HR Iwansyah, Danlanud Syamsudin Noor Letkol Pnb Abdul Haris, Danlanal Kotabaru, Dandim 1006/Mtp Letkol Arm Andi Martopo, SE, para Komandan Satuan TNI Polri, Kabalakaju, FKPD, Sesepuh Veteran pejuang kemerdekaan, Tokoh Agama dan Masyarakat, serta serta para Undangan.

Komandan Rindam VI/Mlw Kolonel Inf Iwan Maruf Zaenuddi sebagai Inspektur upacara pada puncak acara kegiatan HUT ke-72 TNI sedangkan bertindak selaku komandan Upacara Danyonif 623/Bwu  Letkol Inf Mahmud.

Acara dimulai dengan pemeriksaan pasukan oleh Inspektur upacara dilanjutkan penyematan tanda jasa VIII, XVII dan XXIV kepada prajurit.

Amanat Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang dibacakan secara tertulis oleh Insfektur upacara menyampaikan bahwa pada peringatan hari TNI ke-72 sudah sepatutnya momentum ini kita jadikan wahana untuk merefleksikan diri dan merevitalisasi pengabdian TNI ke depan secara kontekstual bagi kepentingan nasional, terutama yang menyangkut empat hal penting, yaitu pembangunan ekonomi nasional, memelihara kerukunan dan kesatuan bangsa, dan suksesi kepemimpinan nasional tahun 2017, serta mempertahankan kedaulatan dan keutuhan NKRI.

Makna yang terkandung di dalam tema tersebut adalah, TNI tumbuh dan berkembang, serta berjuang bersama rakyat. Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi, yang terus bergerak.

Selanjutnya mengenai kesejahteraan Prajurit, Pemerintah akan meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI melalui peningkatan penghasilan dalam program remunerasi. Di bidang perumahan yang diwujudkan dalam bentuk rumah susun maupun perumahan non dinas melalui program kredit kepemilikan rumah sederhana sehat dengan mendapatkan bantuan untuk meringankan uang muka dari Pemerintah.

Indonesia akan terus menghadirkan TNI pada penyelesaian konflik internasional di bawah bendera PBB. Saat ini misi kemanusiaan yang sedang dilaksanakan kepada etnis Rohingya Myanmar, upaya ini terus kita Iaksanakan dalam rangka memperbesar komitmen dan peran Indonesia dalam pemeliharaan perdamaian dunia sesuai amanah Pembukaan UUD Tahun 1945 dan Survei terakhir dilakukan oleh lembaga survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) bahwa masyarakat menilai TNI sebagai institusi paling solid dan terpercaya.

Hal penting tersebut perlu disadari oleh segenap komponen bangsa dan segenap prajurit serta PNS TNI, karena di era globalisasi ini, faktor stabilitas politik dan keamanan sangat memainkan peran penting bagi perkembangan perekonomian indonesia, dan membawa pengaruh yang begitu besar terhadap segala aspek kehidupan masyarakat.

Diakhir amanatnya menyampaikan untuk meneguhkan hati dan menguatkan jiwa segenap prajurit TNI, saya ingatkan kembali dan instruksikan hal-hal untuk dipedomani sebagai berikut:

Pertama, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai Iandasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas, kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kedua, tugas prajurit TNI sangat berkaitan langsung dengan tegak atau runtuhnya negara, bersatu atau bercerainya bangsa. Oleh karena itu, tempatkan tugas di atas segala-galanya karena tugas adalah kehormatan, harga diri dan kebanggaan.

Ketiga, junjung tinggi nilai dan semangat kebangsaan demi tetap kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa, serta tetap tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Keempat, pegang teguh disiplin keprajuritan dengan berpedoman Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, taati hukum dan hormati hak asasi manusia.

Kelima, bina soliditas satuan, tegakkan rantai komando dan mantapkan kesatuan komando di setiap strata kepemimpinan satuan TNI, sehingga terwujud onalitas tegak lurus yang jelas dan tegas.

Keenam, selalu hadir di tengahtengah masyarakat, dengan aktif berperan menyelesaikan masalah dan memberikan kontribusi positif demi kemajuan satuan dan lingkungan dimanapun berada. Lanjutkan haI-hal positif yang telah terbina selama ini, selalu berinovasi dan berkreasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mampu mengantisipasi segala bentuk ancaman proxy war dan cyber war, yang menjadi ancaman nyata bangsa saatini.

Ketujuh, Laksanakan semua tugas dengan niat berbuat terbaik, berani, tulus dan ikhlas hanya untuk Negara kesatuan Republik Indonesia.

Ma’ruf juga menambahkan TNI tetap solid terdepan bersama rakyat sinergis dalam membangun menjaga kedaulatan Negara Nasionalisme bersama Polri dan Komponen Bangsa.

Berharap, memasuki ke 72 tahun, TNI akan lebih matang dan lebih instropeksi diri dan bersama-sama masyarakat membantu Polri dan Pemerintrah Daerah dalam melanjutkan pembangunan ucapnya.

Usai kegiatan upacara dilanjutkan dengan pertunjukan demontrasi dan Parade difile serta Panggung prajurit dan syukuran yang dilaksanakan di Gedung Kejujuran Rindam VI Mulawarman diawali dengan acara doa bersama, dilanjutkan dengan Pemotongan tumpeng di berikan kepada prajurit yang berprestasi serta pemberian tali asih kepada Wirakauri.

(Kodim 1006/Mtp)

Tentang Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman 838 Articles
Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*