PERSIT KCK HADIRI SOSIALISASI DETEKSI DINI KANKER SERVIC

PERSIT KCK HADIRI SOSIALISASI DETEKSI DINI KANKER SERVIC
PERSIT KCK HADIRI SOSIALISASI DETEKSI DINI KANKER SERVIC

Balikpapan, (25/04)  Penyakit  Kanker merupakan penyebab kematian terbanyak di dunia, dimana kanker sebagai penyebab kematian nomor 2 di dunia setetah penyakit kardiovaskuler.  Setiap tahun 12 juta orang didunia meninggal dunia menderita kanker dan 7,6 % juta diantaranya meninggal dunia.  Insiden  kanker tertinggi di Indonesia pada perempuan adalah kanker payudara dan kanker leher rahim. Hal tersebut disampaikan oleh dr. Tri Senoaji, Sp, Og., saat  menyampaikan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Servic yang berlangsung di Puskesmas Perawatan Mekarsari Balikpapan Jln. Poliklinik No. 15 RT. 23 Balikpapan, Selasa 25 April 2017.

Kegiatan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Servic tersebut digagas oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Balikpapan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Pemkot Balikpapan dalam rangka memperingati Hari Kartini.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Pemkot Balikpapan,  dr. Tri Senoaji, Sp, Og.,  menjelaskan bahwa  kunjungan kasus Kanker Servic di Puskesmas tahun 2016 ada 17 orang, jumlah sasaran yang dilakukan pemeriksaan IVA dan Sadanis pada tahun 2016 ada 646 orang dengan hasil positif Kanker leher rahim ada 27 orang (4,18%), dicurigai menderita Kanker  leher rahim ada 1 orang (0,15%) dan kelainan ginekologi lain ada 31 orang (4,79%).  Sedangkan untuk kunjungan Tumor payudara di Puskesman tahun 2016 ada 130 orang dari hasil pemeriksaan Sadanis antara lain positif Kanker payudara ada 4 orang, Tumor jinak ada 62 orang, dicurigai kanker ada 13 orang dan kelainan payudara lainnya ada 24 orang.

Kegiatan Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Ibu Peggy Lukita isteri Menteri Perindustrian dan Perdagangan, Ibu Elisye W. Ketaren Laoly isteri Menteri Hukum dan HAM, Wakil Ketua Persit KCK PD VI Mulawarman Ibu Ainurrahman , Rizal Effendi, SE., Walikota Pemkot Balikpapan.

(Kodam VI/Mlw)

Tentang Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman 837 Articles
Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*