RAPAT PERTEMUAN PAPARAN EVALUASI CETAK SAWAH DIPINPIM LANGSUNG BRIGJEN TNI RATMAN WIARDI

RAPAT PERTEMUAN PAPARAN EVALUASI CETAK SAWAH DIPINPIM LANGSUNG BRIGJEN TNI RATMAN WIARDI
RAPAT PERTEMUAN PAPARAN EVALUASI CETAK SAWAH DIPINPIM LANGSUNG BRIGJEN TNI RATMAN WIARDI

Banjarbaru (11/10) Bertempat di Aula Dinas Pertanian TPH Provinsi Kalsel ketua tim Koordinasi evaluasi perluasan pelaksanaan cetak sawah Mabes TNI-AD Brigjen TNI Ratman Wiardi di dampingi Dirjen Prasarana dan sarana pertanian RI Ir.Deddy Rochyadi memimpin langsung  Rapat pertemuan evaluasi kegiatan pelaksanaan cetak sawah Selasa 10 Oktober 2017 jalan Jendral sudirman Banjarbaru Kalsel.

Turut hadir dalam acara tersebut Kasrem 101/Ant Letkol Inf Prayitno eko widoda, Kadistan TPH Provinsi Kalsel Ir. Fathurrahman, Kasdim Martapura Mayor Inf Ranoviandy Choirul.S.sos.MM, Pasi wanmil korem 101/Ant Mayor Priyo, Para Dandim dan Kepala dinas Pertanian dan Tph dan Pasi Ter.

Brigjen TNI Ratman Wiardi mengatakan kegiatan rapat ini dilaksanakan tentu sebagai diskusi dan evaluasi terhadap program cetak sawah sekaligus mendengarkan pemaparan ditujuh kabupaten termasuk Kodim yang melaksanakan kegiatan tersebut.

Dengan evaluasi tersebut hasilnya akan dijadikan sebagai bahan masukan agar pelaksanaan di tahun 2018 yang akan datang mampu jauh lebih baik dan dilaporkan ke Panglima TNI Juga Ke kementerian pertanian RI.

Untuk itulah kami berharap semua permasalahan dan capaian yang sudah dicapai dalam pelaksanan kegiatan cetak sawah di laporkan dengan baik dan transparan sehingga pengawasan terhadap cetak sawah dan kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.

Yang terpenting adalah yang terkait dengan perannya sebagai pimpinan TNI-AD di wilayahnya. Beliau menyampaikan bahwa Kodim yang terlibat dalam kegiatan cetak sawah adalah potensi yang besar bagi tercapainya kesuksesan program cetak sawah, yang harus dimanfaatkan secara baik-baiknya. Lebih lanjut, beliau juga sampaikan agar para Babinsa di lapangan mampu lebih mengoptimalkan lagi perannya dalam membantu kesulitan para petani.ujarnaya.

Sementara itu Dandim 1006/Mtp Letkol Arm Andi Martopo SE Pemaparannya melalui Perwira Staf Teritorial Kapten Inf Ramlan menyampaikan perkembangan  dan kendala dalam pencapaian cetak sawah di Kabupaten Banjar, Kodim 1006/Martapura.

Dikatakan tahap penyelesaian cetak sawah yang sudah siap di tanami dan dilaksanakan di Desa Tajau Landung Kecamatan Sungai Tabuk seluas 46 hektar 100%. Kendala yang diahadapi adalah cuaca tak menentu tidak tersedianya air akibat kemarau. Di Desa Keliling Benteng seluas 104 hektar, area tahap yang sudah dikerjakan 89 ,4 hektar ( Land Clearing).

Sedangkan untuk kecamatan martapura barat letaknya di desa sungai bantang masih tersisa 50 hektar belum di sentuh, namum dari pihak Kementan Pertanian pusat menyatakan ada penghematan anggaran  sebesar 100 Milyar untuk cetak sawah.

Upaya untuk mengatasi dengan adanya kendala tersebut dengan menambah jam kerja lembur saat cuaca baik.

(Kodim 1006/Mtp)

Tentang Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman 739 Articles
Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*