Mako Pomdam VI/Mulawarman

Polisi Militer Kodam VI/Mulawarman

Alamat:
Markas Pomdam VI/Mulawarman
Jl. Tanjungpura I Balikpapan

No. Telp : 0542-421042
No. Fax : 0542-419413

Website: http://pom.kodam-mulawarman.mil.id

 e-mail kontak Informasi :  pom@pomdam-mulawarman.mil.id

PENDAHULUAN
Keberadaan Kodam VI/Mulawarman sebagai kompartement strategis, sejak awal perkembangannya tidak dapat dilepas dari sejarah perjuangan rakyat kalimantan pada periode revolusi fisik. Badan-badan perjuangan yang berafiliasi kepada republik indonesia hakekatnya merupakan refleksi dari semangat kebangsaan merupakan moment penentu untuk mengantarkan wilayah kalimantan sebagai bagian dari negara kesatuan republik indonesia, yang secara tidak langsung mempunyai peranan dalam rangka pembentukan organisasi TNI AD di Kalimantan yang dibentuk menjelang awal dasa warsa 50-an termasuk sejarah terbentuknya Pomdam VI/Mulawarman.

Sejarah berdirinya dan perkembangan Pomdam VI/Mulawarman adalah tidak dapat dilepaskan dari keterkaitan sejarah kelahiran, pertumbuhan dan perkembangan Kodam VI/Mulawarman. Kejadian dan kelahiran Pomdam VI/Mulawarman akan menjadi lebih jelas kita pahami jika kita mengetahui hubungan-hubungan dengan masa yang telah silam, sejarah itu adalah suatu kontinuitas, suatu peristiwa pertumbuhan dan rangkaian kejadian-kejadian yang jalin menjalin terus menerus. Keadaan sekarang adalah lanjutan dari kejadian-kejadian dimasa lampau dan keadaan masa depan berakar pada masa sekarang.

Maka dengan demikian, didalam sejarah singkat ini, kami mencoba mengungkapkan perkembangan dan kelahiran Pomdam VI/Mulawarman, walaupun masih terdapat hal-hal yang masih memerlukan suatu penggalian dan penyempurnaan.

RUANG LINGKUP
Sejarah pembentukan Pomdam VI/Mulawarman disusun dengan tata urut sebagai berikut :
1.    Pendahuluan
2.    Polisi militer kalimantan dari tahun 1945 s.d. 1950.
3.    Polisi militer kalimantan dari tahun 1950 s.d. 1985.
4.    Pomdam VI/Mulawarman dari tahun 1985 s.d. sekarang.
5.    Pejabat polisi militer dari tahun 1945 s.d. 1985.
6.    Pejabat Pomdam VI/Mulawarman tahun 1985 s.d. sekarang.
7.    Penutup

POLISI MILITER KALIMANTAN DARI TAHUN 1945 S.D. 1950
a. Perkembangan dan lahirnya pomdam x/lambung mangkurat
Setelah proklamasi kemerdekaan negara Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, rakyat Kalimantan Selatan dengan serentak membentuk dan menyusun perlawanan rakyat, dari pejuang-pejuang Kalsel dan badan-badan perjuangan yang terdiri dari pasukan ekspedisi dari Jawa, telah mempersatukan diri dalam suatu kesatuan.

Akhirnya pada tanggal 17 Mei 1949 terbentuklah berdirinya pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Kalsel atas prakarsa bapak Hasan Basri, sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia dan seluruh pejuang-pejuang Kalsel bersatu padu mengadakan konsolidasi dan koordinasi dengan baik, pasukan dimantapkan, kemudian diorganisir dan dipersiapkan untuk pembentukan Divisi Lembu Amangkurat.

Pada perkembangan inilah terbentuknya Polisi Tentara yang dipimpin oleh Kapten M. Hamy A.M yang berkedudukan di daerah Hulu Sungai (Kandangan Hulu).

Kemudian disusul dengan kedatangan Letnan Thema dengan nama Polisi Tentara Munding Laya berkedudukan di Pangkalan Alam Roh Banjarmasin.

Pada tanggal 2 Nopember 1949 ALRI DIV IV diresmikan menjadi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) dengan nama kesatuan ”Divisi Lembu Amangkurat” berdasarkan surat penetapan Menteri Pertahanan RI nomor 518/1949 tanggal 2 Nopember 1949, berlaku surut tanggal 1 Nopember 1949. Bersamaan dengan inilah terbentuknya C.P.M.K. dibawah Pimpinan Kapten M. Hamy A.M. dan wakilnya Lettu Thema.

Divisi Lembu Amangkurat mengalami perubahan nama kesatuan menjadi ”Divisi Lambung Mangkurat”. Pada tanggal 5 Juni 1950 Divisi Lambung Mangkurat berubah menjadi ”Territorium Kalimantan”.

C.P.M.K. berubah menjadi BN VI/KAL dan sebagai komandannya ditunjuk sementara Kapten/PM Peyoh. Dari Jawa datang 1 Kompi PM dibawah pimpinan Lettu/PM Imam Ismoyo dengan sebutan Kompi Imam.

BN VI/KAL meliputi seluruh Kalimantan:
·    Detas Kota Banjarmasin, di Banjarmasin.
·    Detas Reg VI/1 Berdiri Sendiri berkedudukan di Pontianak Kalbar.
·    Detas Reg VI/2 Hulu Sungai Kandangan.
·    Detas Reg VI/3 Sampit Kalteng.
·    Detas Reg VI/4 Balikpapan Kaltim.

Seluruh Detasemen tersebut termasuk sat bawahan CPM BN VI/Mulawarman yang berkedudukan di Banjarmasin Kalsel (20 Juli 1950).

Pada tanggal 20 Juli 1950 Kapten/Cpm Peyoh diganti oleh Mayor/Cpm Slamet Martosudiro dengan penetapan Kasad no 083/ksad/pntp/50 tanggal 20 Juli 1950.

***