SUKSES PROGRAM CETAK SAWAH. KODIM MARTAPURA KEMBALI TANAM PADI UNGGULAN

SUKSES PROGRAM CETAK SAWAH. KODIM MARTAPURA KEMBALI TANAM PADI UNGGULAN
SUKSES PROGRAM CETAK SAWAH. KODIM MARTAPURA KEMBALI TANAM PADI UNGGULAN

MARTAPURA, Kerja sama Dinas Pertanian Kab Banjar   dan TNI melalui Kodim 1006/ Mtp dalam bentuk kegiatan cetak sawah merupakan upaya mencapai program ketahanan pangan Nasional. Hari ini tepatnya Rabu (19/11) pagi Komandan Kodim 1006/ Mtp Letkol Arm Andi Martopo SE didampingi Ketua Persit Kck Cab XXIX Dim Mtp Ibu Intan Andi Martopo bersama Kadis TPH Banjar Ir M.Fahri Ketua Kelompok tani Landung Makmur, PPL dan Mantri tani serta Babinsa serta Ibu Persit melaksanakan acara Gerakan Tanam Padi Serentak Perdana dipusatkan di Desa Tajau Landung Rt .02 Kecamatan Sungai Tabuk Martapura Kab Banjar.

Dandim 1006/Mtp Letkol Arm Andi Martopo SE mengajak tanam perdana cetak sawah ini dijadikan momentum dan evaluasi serta motivasi bagi petugas dan petani untuk lebih bersemangat bertani. Kodim Martapura akan terus membantu serta mendampingi, selain itu petani harus bisa mengembangkan lahan pertaniannya dengan serius dan berfikir maju.

Kegiatan tanam padi ini merupakan perdana di Desa Tajau Landung Rt 02 Kecamatan Sungai Tabuk Martapura ini dengan menggunakan sistem Jarwo yang disambut baik oleh masyarakat setempat.

Saat ditemui dilokasi cetak sawah, Dandim 1006/Mtp mengatakan bahwa kegiatan tanam perdana ini dilaksanakan pada lokasi cetak sawah baru Desa Tajau Landung Rt 02 Kecamatan Sungai Tabuk Martapura.

Tanam padi ini untuk mempercepat proses tanam serentak diseluruh wilayah Kab Banjar agar panen bersama juga dilakukan pada Maret 2018 mendatang. Dan kita terus berupaya selalu membantu masyarakat dalam meningkatkatkan swasembada pangan

Kepada petani mari kembangkan lahan pertanian yang ada, berfikir serius meningkatkan produktifitas selaras dengan perkembangan teknologi. Dikatakannya keterlibatan TNI dalam ‎program perluasan sawah atau cetak sawah sesuai dengan tugas pokok TNI yang tertuang dalam UU RI No 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

Tugas TNI tersebut yakni tugas pokok TNI selain perang, di antaranya membantu masyarakat seperti turut mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan.

Di Tajau Landung sendiri perluasan cetak sawah sudah 100% dari 48 hektar yang sudah ada siap tanam, itu artinya masyarakat yang bertani sudah bisa menanam lahannya, apalagi sudah memasuki musim hujan.

Saya berharap kepada kelompok Tani Landung makmur dan PPL serta manteri tani dengan tanam satu tahun dalam dua kali sistem jarwo ini manfaatkan kesempatan yang ada sehingga pemerintah terbantu dalam masa panennya nanti kita menjadi lumbung padi terbesar di Kalsel, Ungkap Dandim

‎Pencetakan sawah baru ini merupakan implementasi dari kerja sama antara Panglima TNI dengan Menteri Pertanian RI secara nasional dan pada skala daerah antara Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar.

Menurutnya, peningkatan produksi tanaman pangan khususnya beras perlu ditingkatkan setiap tahun, baik dari segi kualitas maupun kuantitas, mengingat setiap tahun kebutuhan pangan selalu meningkat berjalan dengan pertambahan jumlah penduduk. Apalagi, Pemda Kab Banjar telah menetapkan salah satu program prioritas pembangunan nasional , yakni pembangunan pertanian.

Tentang Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman 893 Articles
Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*