UPACARA HARI LAHIR PANCASILA IRUP KASDIM 1006/MTP PIMPIN

UPACARA HARI LAHIR PANCASILA IRUP KASDIM 1006/MTP PIMPIN
UPACARA HARI LAHIR PANCASILA IRUP KASDIM 1006/MTP PIMPIN

Banjarbaru (02/06) Kepala Staf Kodim 1006/Martapura Mayor Inf Ranoviandy Chairul S.Sos.,  memimpin upacara peringatan Hari Lahir  Pancasila pada 1 Juni 2017, sebagai Danup Ketua Osis SMAN-3 Banjarbaru Aprizal Adicandra dan Pembacaan UUD 1945, Siswi Dhina Amanajauzah yang di laksanakan lapangan SMAN-3 Banjarbaru Jalan Banua Praja Utara Trikora Banjarbaru, Kamis 1 Juni 2017.   Upacara dimulai pukul 08.00 WITA, Kamis 1 Juni 2017. Diikuti oleh seluruh pelajar SMAN-3 Banjarbaru.

Hadir dalam upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, diantaranya Kepala Sekolah SMAN-3 Banjarbaru Sriyoni. Spd, Wakasek Wahyu Widiasih, Wakasek Kurikulum Rismila Adhani, Batibung Koramil 1006-07/Bjb Peltu Muhkyar, Dan Unit Intel Kodim 1006/Mtp Letda Inf Edih, Bati Bhakti TNI Sterdim Pelda Rohmat, serta para Staf dan Guru Pengajar.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam Amanatnya yang dibacakan secara tertulis oleh Insfektur upacara Kasdim 1006/Martapura Mayor Inf Ranoviandy Chairul S.Sos., menjelaskan bahwa Pancasila adalah merupakan filsafah bangsa Indonesia Yang merupakan bagian dari mempersatukan bangsa ini.

Filsafah meneguhkan Komitmen Kita agar Lebih mendalami menghayati Nilai- nilai luhur Pancasila sebagai dasar Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara, tertulis Tanggal 1 Juni 1945 dan baru final dirumuskan 18 Agustus 1945 dipodatokan Presiden Kita Soekarno dikala itu bahwa Pejuang Besar Founding Fathers para Ulama dan Pejuang Kemerdekaan dari Seluruh Pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun Kesepakatan bangsa mempersatu Kita.

Kita bisa belajar dari pengalaman yang buruk negara lain banyaknya  radikalisme yang dihantui konflik sosial dan Perang Saudara. Dengan Pancasila dalam Bingkai Bhenika Tunggal Ika kita dapat terhindar dari masalah tersebut kita dapat hidup bergotong royong untuk memajukan Negeri ini dengan Pancasila. Sesuai dengan Tema Kali Ini ” SAYA INDONESIA , SAYA PANCASILA ”

Dapatlah Kita ambil bahwa Komitmen Pemerintah untuk menguatkan Pancasila sudah jelas terlihat dan sangat kuat, hal ini telah di Undang- undangkan Peraturan Presiden No 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila bersama dengan Komponen Bangsa.

Oleh karenanya saya berharap mengajak para Ulama, Pendeta, Fastur  Bikshu, Tokoh Agama dan Masyarakat, Pemuda dan TNI/ Polri Untuk selalu menjaga Pancasila  dengan Pemahaman dan Pengamalan terus di tingkatkan melalui Ceramah Agama, Pendidikan, dan Sosialiasi Masyarakat guna memperkuat Kehidupan Sehari- hari yang Terintegritas dengan memprogramkan Pembagunan Pengentasan Kemiskinan dalam Pemberatan Kesejahteraan Masyarakat guna menjadi dari bagian Integral dari Pengamalan Nilai- nila Pancasila.

Usai upacara bendera dilaksanakan Kasdim 1006/ Mtp Mayor Inf Ranoviandy Chairul S.sos, memberikan kuliah Umum Wawasan Kebangsaan kepada 660 Pelajar siswa dan siswi, para guru dan staf SMA -3/ Bjb, serta Pemberian Permen Pancasila Manis dan Penyerahan Bantuan Buku Sejarah Perjuangan

(Kodim 1006/Mtp)

Tentang Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman 663 Articles
Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*