WARGA SERAHKAN SENPI RAKITAN JENIS PENABUR SECARA SUKARELA KE SATGAS YONIF 611/AWANG LONG

WARGA SERAHKAN SENPI RAKITAN JENIS PENABUR SECARA SUKARELA KE SATGAS YONIF 611/AWANG LONG
WARGA SERAHKAN SENPI RAKITAN JENIS PENABUR SECARA SUKARELA KE SATGAS YONIF 611/AWANG LONG

Samarinda (10/05) Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 611/Awang Long yang melaksanakan pengamanan perbatasan kembali menerima penyerahan senjata api rakitan jenis penabur secara sukarela dari masyarakat (An. Sumantalun umur 56 tahun, pekerjaan petani) di Desa Sanal Kec. Lumbis Ogong Kab. Nunukan Prov Kaltara, Sabtu 6 Mei 2017.

“Penyerahan berawal dari anggota yang melaksanakan serbuan Teritorial yang bersifat anjang sana ke rumah warga sehingga dapat mewujudkan keakrapan dan rasa kekeluargaan yang baik antara warga dengan anggota Pos Simantobol sehingga warga dengan sukarela menyerahkan senjata api rakitan jenis penabur kepada Danpos Simantobol”, ungkap Dansatgas Yonif 611/Awang Long, Letkol Inf Sigid Hengki Purwanto.

Pada saat itu anggota berkordinasi dan mengajak masyarakat untuk kerjasama melaksanakan karya bakti di desa tersebut. Soalnya Prajurit kami siap membantu masyarakat apabila di perlukan seperti membantu pembangunan sarana ibadah, MCK maupun sarana umum lainnya.

Selanjutnya pada saat berbicang-bincang bapak Sumantalun memberikan penjelasan bahwa ia memiliki senjata api rakitan, akan tetapi disimpan digubuk kebunnya. Ia juga menerangkan bahwa senjata tersebut di gunakan untuk mengusir hama dan berburu binatang di hutan. Bapak Sumantalun berkeinginan untuk menyerahkan senjata tersebut, namun ia takut di tangkap dan akan di proses hukum.

Mendengar penyampaian warga tesebut anggota Satgas memberikan penjelasan bahwa memiliki senjata api tanpa izin adalah melanggar hukum tetapi apabila yang bersangkutan menyerahkan  senjata tersebut  dengan baik dan sukarela tidak akan  terjerat hukum. Mendengar penjelasan tersebut bapak Sumantalun merasa lega, dan menyatakan akan menyerahkan senjata tersebut dan mengambilnya di kebun.

Esok harinya Bpk. Sumantalun menghubungi pihak Pos Simantobol Satgas Yonif 611/Awang Long untuk menyerahkan senjata api rakitan tersebut kepada Danpos Simantobol (Letda Inf Heri) yang disaksikan oleh anggota pos dan anaknya An. Sdr. Marotok umur 35 tahun pekerjaan petani alamat Ds. Sanal Kec. Lumbis Ogong Kab. Nunukan Prov Kaltara, kemudian Danpos mengucapkan terimakasih banyak kepada bapak Sumantalun dan keluarga yang sudah menyerahkan senjata secara sukarela.

Dan saat ini senjata api rakitan jenis penabur tersebut diamankan di gudang senjata Pos Simantobol.

(Satgas Yonif 611/Awang Long).

Tentang Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman 833 Articles
Tim Redaksi Website Kodam VI/Mulawarman

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*